Review Pembayaran Google Adsense via wire transfer Bank Syariah Mandiri

Google Adsense

Pengalaman ini saya rasakan pada bulan Oktober 2015 kemarin. Tanggal 21 saya mendapatkan email dari Google Adsense yang memberitahu bahwa uang saya telah ditansfer ke rekening saya dan jika dalam satu minggu uang tersebut belum masuk ke rekening maka saya disarankan untuk menghubungi bank yang bersangkutan, dalam hal ini Bank Syariah Mandiri (BSM).

Saya membaca email tersebut sekitar jam 13 siang. Kemudian sorenya saya langsung menuju ATM untuk mengecek saldo, ternyata belum masuk. Pulang dari ATM saya iseng-iseng browsing di internet dan forum ads-id mengenai waktu yang dibutuhkan untuk proses masuknya transfer dari Google Adsense. Dari hasil browsing tersebut saya mendapatkan informasi bahwa waktu yang dibutuhkan kurang dari 24 jam, jadi kurang dari satu hari. Bahkan, ada juga yang hanya beberapa jam saja, namun bank nya bukan BSM tapi Bank Mandiri.

Keesokan harinya saya pun kembali ke ATM BSM terdekat untuk mengecek saldo dan uang saya belum masuk. Mengecek saldo di ATM pun menjadi rutinitas saya setiap sore selama kurang lebih 5 hari. Selama lima hari itu pula uang saya belum masuk ke rekening.

Di hari ke 6 saya menitipkan buku tabungan saya ke teman saya untuk di cetak di BSM. Ternyata sama, uangnya belum masuk. Oya, bukannya malas untuk pergi ke bank tapi saya mengajar setiap hari dan baru bisa pulang sore hari, yaitu ketika jam bank tutup. Saya juga harus bola-balik ATM karena saya tidak punya layanan perbankan lain seperti internet banking atau sms banking.

Akhirnya di hari ke 7 saya ijin pulang lebih awal untuk pergi ke bank BSM. Setelah mengantri beberapa waktu akhirnya saya dipanggil CS, saya ceritakan kronologinya dan saya perlihatkan tanda bukti transfer yang dikirim Google Adsense via email (saya print). CS menyuruh saya menunggu sebentar, dia mungetik sesuatu di komputernya setelah meminta buku tabungan dan KTP saya. Kemudian dia pamit sebentar untuk berkoordinasi dengan atasannya karena di rekening saya belum masuk uang sepeserpun.

Oya CS juga bertanya “Apakah anda yakin pihak yang bersangkutan telah mengirim uangnya?” dan saya pun menjawab ‘yakin’. CS juga sempat menyuruh saya untuk menghubungi pihak Google Adsense, tapi saya menyuruhnya untuk mengecek terlebih dahulu karena saya yakin uang tersebut sudah di transfer.

15 menit saya ditinggal sendiri didepan meja CS. Dengan perasaan dag dig dug takut uangnya hangus.

Trok.. trok.. trok.. Bunyi sepatu CS. Saya langsung menoleh ke arah suara, ternyata suara itu berasal dari sepatu CS yang lain, saya kembali menunggu. Beberapa saat setelah itu CS yang melayani saya datang dan mengabarkan bahwa sampai detik belum ada yang transfer ke rekening saya. Namun, dia masih mengusahakannya, miminta nomor kontak saya dan berjanji akan memberitahu tahu saya dengan segera jika uang sudah masuk ke rekening saya.

Saya pulang dari BSM dengan lemas.

Tapi Alhamdulillah, tidak lama setelah saya pulang dari BSM saya mendapatkan telpon dari CS yang tadi dan mengabarkan bahwa uangnya sudah masuk rekening saya. Setelah itu saya langsung menuju ATM dan mengecek saldonya. Alhamdulillah uang dari Google Adsense sudah masuk.

Biaya Wire Transfer Bank Syariah Mandiri (BSM)

Bukti pembayaran Google Adsense 2015
Bukti pembayaran Google Adsense 2015
Nah ini yang sedikit membingungkan. Berdasarkan informasi yang saya peroleh Bank Mandiri membebani pelanggan yang melakukan wire transfer sebanyak $ 5, namun ketika saya bertanya kepada CS BSM, biaya wire transfer dibebankan kepada pengirim, dalam kasus ini Google Adsense.
Saya mendapatkan bayaran sebanyak $ 101,8 dann di tabungan saya tercetak Rp 1.374.809, berarti jika tidak ada potongan maka kurs dollar saat itu adalah Rp 13.505 (Maaf saya lupa mengecek kurs dollar saat itu). Namun jika di potong $ 5 maka Rp 1.374.809 dibagi $ 96,8 adalah sekitar Rp 14.200. Rasanya tidak mungkin kalau kurs dollar saat itu mencapai  Rp 14.200, mengingat ketika itu sedang ramai berita Jokowi yang berhasil menurunkan kurs dollar menjadi Rp 13.500. Grafik yang saya dapatkan dari kursdollar.net juga menunjukkan bahwa kurs dollar pada tanggal 21 Oktober berada di kisaran Rp 13.500.

Jadi menurut kesimpulan saya biaya wire transfer di Bank Mandiri Syariah atau BSM adalah GRATIS. Hanya saja yang menjadi catatan disini adalah uangnya tidak langsung masuk ke rekining kita, harus disusul dulu ke banknya. Oleh karena itulah saya sekarang memilih untuk kembali menggunakan Western Union sebagai metode pembayaran Google Adsense.

Oya penghasilan tersebut saya peroleh dari channel YouTube Aqsol Madinah. Silahkan subscribe kalau tidak keberatan hehe (promosi).

Sekian semoga bermanfaat untuk para pencari recehan adsense. Jika ada yang kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom kementar. Terimakasih.

Read Also:

Related Posts
Disqus Comments