6 Manfaat Subscriber YouTube yang Harus Pemula Tahu

YouTube

Halo para pembuat video YouTube atau YouTube Creator atau di Indonesia lebih dikenal dengan istilah Youtuber! Semoga anda senantiasa sehat dan selalu semangat untuk berkarya. Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan manfaat yang bisa anda dapatkan ketika channel YouTube anda memiliki jumlah subscriber 1.000, 10.000 dan 100.000. Penasaran? Silahkan simak tulisan dibawah ini.

Subsciber pada YouTube berarti jumlah atau total pelanggan yang mengikuti suatu channel YouTube. Subscriber dan pelanggan itu sama, cuma beda bahasa aja. Subscriber juga menandakan kesuksesan seorang youtuber, semakin banyak subscribernya semakin sukses.

Tahukah anda? Setiap hari ada lebih dari 1.000 channel YouTube yang mendapatkan jumlah 1.000 subscriber pertama, Waw! Angka ini menunjukkan bahwa banyak sekali yang berminat untuk mengukir kesuksesannya di YouTube. Oya, angka ini juga memberi tahu kita bahwa setiap hari muncul lebih dari 1.000 pesaing baru di YouTube. Well, kita harus berusaha lebih keras dan lebih kreatif lagi.

Oke langsung saja berikut adalah 6 jenis jumlah subscriber dan manfaat yang bisa Anda dapatkan:

1. Graphite

Graphite adalah istilah untuk channel YouTube yang memiliki subscriber kurang dari 1.000. Jadi kalau Anda sangat pemula, baru mulai buat channel atau sudah lama buat channel tapi subscribernya kurang dari 1.000 berarti Anda termasuk Graphite.

Belajar di Akademi Pembuat Konten
Untuk membuat sebuah video dan menguploadnya ke YouTube kemudian mendapatkan penghasilan itu tidak bisa sembarangan, ada aturannya. Oleh karena itu kita perlu mempelajari segala tentang YouTube lebih dalam lagi, seperti tentang Content Id, Jenis iklan dan lain-lain. Nah semua itu bisa kita pelajari di YouTube Creator Academy atau Akademi Pembuat Konten. Disini kita juga bisa belajar tentang bagaiana mengembang channel kita supaya lebih banyak menghasilkan view, subscriber atau bahkan uang.

Creator Studio (dashboard)
Sebenarnya saya juga baru tahu bahwa ternyata dashboard yang sering saya gunakan bernama Creator Studio. Untuk mengaksesnya anda hanya perlu mengklik icon channel YouTube anda yang ada disebelah kanan atas kemudian klik dashboard. Di dashboard ini kita bisa menemukan berbagai macam, mulai dari statistik video-video kita, video editor, Audio Librarary dan masih banyak hal lainnya yang sangat bermanfaat untuk para Youtuber. Kreator studio ini bisa diakses baik dari PC maupun smartphone Android dan iOS:

Sumber Informasi
Oya sebagai Youtuber kita juga harus tahu informasi terbaru dari YouTube. Jadi jangan lupa juga untuk ikuti twitter @YTCreator untuk mengetahui berita baru tentang YouTube yang sangat permanfaat bagi para kreator. Selain di twitter anda juga bisa mendapatkan info terbaru melalui link dibawah ini:


Anda juga bisa menghubungi YouTube Suport jika memliki masalah atau pertanyaan melalui Email. Caranya adalah dengan mengklik Help & Feedback yang ada dibagian bawah kiri Dashboard YouTube anda. Tapi sebelumnya coba cari dulu masalah anda di Pusat Bantuan. Barangkali masalah anda sudah contoh masalah yang mirip dengan anda dan sudah terselesaikan.

Pusat bantuan untuk pembuat konten
Pusat bantuan untuk mitra (Monotesi)
Forum bantuan monotesi
Cretor hub
Akademi pembuat konten
Blog YouTube Creator
Google+ page

Audio Library
Musik dan efek suara adalah hal yang sangat penting dalam sebuah video. Sayangnya, sebegai pembuat video kita tidak bisa sembarangan memasukkan musik dan efek suara punya orang lain. Karena akan berakibat fatal pada vedio kita. Untuk hal ini YouTube memberikan solusi dengan memberikan musik-musik dengan lisensi gratis yang bisa kita gunakan untuk membuat video tanpa melanggar hukum.

2. Opal (1.000 atau lebih)

Bagi pemula, mendapatkan 1.000 subscriber adalah kesenangan tersendiri. Jumlah 1.000 subscriber adalah jumlah minimal untuk diakui sebagai Youtuber oleh YouTube. Ada yang bilang, untuk mendapatkannya cukup mudah, hal ini terbukti dari banyaknya orang yang berhasil meraih angka ini setiap harinya. Lantas manfaat apa yang kita dapatkan setelah mendapatkan 1.000 subscriber?

Creator days and local meetup
Creator days and local meetup adalah acara yang diselenggarakan oleh YouTube yang lokasinya tidak jauh dari rumah anda. Namun, karena Indonesia adalah negara kepulaian dan sangat luas maka acara biasanya hanya diselenggarakan di kota-kota besar saja. Di acara ini anda bisa banyak melakukan banyak hal, mulai dari bertemu Youtuber idola anda, berkenalan dengan Youtuber baru, bertukar ide, merencanakan kolaborasi atau sharing sesama Youtuber.

Workshop at YouTube spaces
Jika subscriber channel YouTube anda sudah mencapai 1.000 maka anda juga berkesempatan untuk mengikuti workshop atau pelatihan di YouTube space, sayangnya YouTube space bulum ada di Indonesia. Kita doakan saja supaya YouTube space cepat ada di Indonesia agar kita bisa ikut workshop dan video yang kita hasil semakin berkualitas.

3. Bronze (10.000 atau lebih)

Bronze atau perunggu adalah gelar yang diberikan YouTube kepada para Youtubur yang memiliki 10.000 subscriber atau lebih. Jika untuk memperoleh 1.000 subscriber itu cukup mudah, maka untuk meraih 10.000 subscriber itu cukup sulit. Yap, Aqsol Madinah sendiri sedang merasakan karena saat in baru memperoleh 2 ribuan subcriber. Meskipun demikian manfaat berikut ini akan membuat anda bersemangat untuk mendapatkan 10.000 subscriber. Good luck!

Shoot at YouTube space
Shoot at YouTube space bisa diterjemahkan shooting di YouTube space atau mungkin bisa juga diterjemahkan menjadi membuat video di YouTube space, karena tidak semua video butuh shooting hehe. Kalau kita lihat YouTube space di negara lain itu bikin ngiler. Kenapa? Karena desain gedung oke banget dan peralatan untuk shooting-nya juga sangat lengkap, mirip dengan peralatan shooting film-film di TV. Sayangnya di Indonesia belum ada YouTube cpace, jadi fasilitas ini tidak berguna untuk Youtuber Indonesia.

Channel Consultation
Biasanya kalau galau mikirin channel YouTube kita langsung tanya temen, searching atau buka forum. Nah kalau anda sudah termasuk Bronze anda bisa langsung melakukan konsultasi kepada konsultan anda. Tentunya konsultan tidak hanya kita hubungi saat kita ada masalah saja, tapi kita juga bisa menanyakan tentang rencana kedepan untuk mengembangkan channel YouTube kita.

Become an ambassador
Ambassador atau duta YouTube. Kedengarannya cukup menarik, dengan menjadi ambassador anda bisa mendapatkan banyak manfaat, mulai dari mendapatkan pelatihan dari para professional dan mengajarkan apa yang telah anda dapatkan ke Youtuber junior. Belum jelas apakah seluruh orang yang sudah melampaui 10.000 subscriber akan menjadi ambassador atau hanya orang terpilh saja.

Enter YouTube NextUp
YouTube NextUp adalah suatu program dari YouTube untuk meningkatkan skill para Youtuber, mulai dari shooting, editing dan masih banyak hal lain yang akan membuat level video kita naik lebih tinggi, lebih berkualitas dan lebih menarik banyak orang. Tidak hanya itu, orang yang terpilih mengikuti YouTube NextUp juga akan mendapatkan perlengkapan shooting baru dari YouTube. Program ini seperti pelatihan dan tentunya pelatihan ini juga diiringi dengan praktek di YouTube space. Lalu bagaimana untuk Youtuber Indonesia? Entah tidak ada YouTube NextUP atau mungkin harus ke luar negeri untuk ikut program ini.

4. Silver | 5. Gold | 6. Diamond (100,000 atau lebih)

Inilah puncak karir atau mungkin lebih layak disebut impian seorang Youtuber. Yap, angka 100.000 adalah angka yang menunjukkan bahwa Youtuber tersebut sukses menjadi artis YouTube. Selain itu, dengan mendapatkan 100.000 subscriber kita juga mendapatkan manager pribadi dari YouTube dan sebuah plakat silver untuk 100.000 subscriber, Gold untuk 1.000.000 dan Diamond untuk 1.000.000.000 subscriber. Oya anda juga berhak untuk menempel foto anda di Galeri Ketenaran Kreator

So, berapa jumlah subscribermu sekarang? Kapan target Anda untuk mendpatkan 1.000, 10.000 atau 100.000 subscriber? Tulis di kolom komentar yah hehe.

Sekian terimakasih, mohon maaf jika ada kesalahan. Bye.

Baca juga:

KERUK HARTA KARUN DI YOUTUBE

15 Responses to "6 Manfaat Subscriber YouTube yang Harus Pemula Tahu"

  1. Cukup bermanfaat. Thanks ya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, terima kasih atas komentarnya :)

      Delete
  2. Wah bermanfaat banget.. smg pertengahan taun ini bisa dpt 1000 subscriber..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, amin.. Keep fighting ka!

      Delete
  3. Semoga Akhir JULI sudah bisa dapat 1000 Subscriber, , ,

    ReplyDelete
  4. nah itu dia bang yang susah
    ngumpulin 1000 orang susah bang sepertinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah tapi bisa kalau berusaha, semangat gan!

      Delete
  5. Thanks artikelnya. Super banget. Alhamdulillah channel saya (youtube.com/sugengbralink) hampir 3K subscribernya. Smg trs nambah...mimpinya bisa tembus 100K 2 tahun kedepan. Doakan ya smg sukses.

    ReplyDelete
  6. Semoga saya menjadi youtuber yang sukses

    ReplyDelete
  7. Suscriber baru 91 tapi view nya udh 1k apa ke untungan view nya Ya saya masih pemula 😊

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel