Hadits Arbain 29 Pintu-pintu Kebaikan Menuju Surga



Hadits Arbain yang ke 29 ini akan membahas tentang pintu-pintu kebaikan yang akan membawa kita menuju Surga. Ternyata melaksanakan 5 rukun islam bisa membuat kita menjadi ahli surga.



Selain itu banyak hal lain yang termasuk kedalam pintu kebaikan. Diantaranya adalah menjaga lisan. Untuk lebih lengkapnya silahkan tonton video atau baca haditsnya dibawah:



Mu’adz bin Jabal RA berkata, “Aku pernah berkata, wahai Rasulullah, beritahukanlah kepadaku amal yang dapat memasukkanku ke surga dan menjauhkan ku dari neraka”.



Beliau menjawab:



“Engkau menanyakan sesuatu yang benar, namun hal itu menjadi ringan bagi siapa saja yang diringankan oleh Allah SWT. Kamu menyembah Allah dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, mendirikan salat, mengeluarkan zakat, berpuasa Ramadhan dan berhaji ke Baitullah”.



Kemudian beliau bersabda:



“Inginkah engkau kuberitahukan mengenai pintu-pintu kebaikan? Puasa adalah perisai, shadaqah itu dapat menghapus kesalahan sebagaimana air dapat menghapus api dan shalatnya seseorang di tengah malam”. Kemudian beliau membaca surat As-Sajdah ayat 16, “Tatajaafaa junuubuhum ‘anil madhaaji’i... hingga ya’maluun (Lambung-lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedangkan mereka berdoa kepada Tuhannya dengan harap-harap cemas)”.



Kemudian beliau bersabda:



“Inginkah kalian kuberitahukan pokok dari segala urusan dan puncak mahkotanya?”. Aku menjawab, “Mau wahai Rasulullah”. Maka beliau menunjukkan lidahnya seraya bersabda:

“Kendalikan ini!”. Aku bertanya, “Wahai Nabiyullah, apakah kami akan diminta pertanggungjawaban dengan apa yang kami katakan?”.



Beliau bersabda:



“Celakalah engkau hai Mu’adz! Bukankah yang menjerumuskan manusia ke dalam api neraka dengan wajah tersungkur adalah akibat lidah mereka?”. (HR Tirmidzi dan dia mengatakan ini adalah hadits hasan sahih)


Comments

Popular posts from this blog

Menjawab Komentar Orang Kristen Tentang Al-Maidah Ayat 51

5 YouTuber Indonesia Paling TOP 2015 dan Penghasilannya

Manfaat Jumlah Subscriber untuk Youtuber