10 Kriteria Sekolah Ideal Untuk Anak Muslim

Kriteria Sekolah ideal untuk anak muslim

Aqsol Madinah - Mungkin Anda sedang bingung memilih sekolah untuk anak. Bagaimana tidak? Setiap Sekolah menjanjikan kualitas terbaik dengan fasilitas wah. Belum lagi bukti prestasi lulusan atau alumninya.

Tapi.. Setiap Sekolah pasti punya KEKURANGAN yang tersembunyi atau mungkin sengaja disembunyikan. Jangan sampai Anda baru tahu kekurangannya setelah anak Anda lulus dari sekolah tersebut.

Berikut adalah 10 kriteria sekolah ideal yang akan membantu Anda memilih sekolah terbaik untuk anak Anda.

1. Small Class

Anda tentu tidak mau jika anak Anda hanya duduk di kelas tanpa di perhatikan oleh gurunya. Faktanya, hampir semua sekolah menetapkan jumlah lebih dari 20 anak per kelasnya.

Semakin banyak murid, maka semakin sulit bagi guru untuk mengkondisikan kelas. Oleh karena itu carilah sekolah yang menerapkan ‘small class’ (kelas kecil). Jadi satu kelas hanya terdiri dari 10 anak.

Sayangnya, sangat jarang dan sulit sekali untuk mencari sekolah seperti ini. Baiaya operasional yang besar menjadi kendala utamanya. Biaya operasional kelas (termasuk gaji guru) yang dibebankan kepada 10 orang tentu jauh lebih besar, jika dibandingkan dengan kelas besar yang bisa terdiri dari 40 siswa (bahkan ada yang 45 siswa).

Tipsnya, carilah sekolah baru yang muridnya belum banyak. Walaupun mungkin sekolah itu masih banyak kekurangannya, tapi setidaknya anak Anda akan senantiasa terawasi.

2. Tahsin

Tahsin adalah program yang bertujuan untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an. Tahsin ini sangat diperlukan mengingat semua hal tentang Islam berlandaskan kepada Al-Qur’an.

Membaca Qur’an dengan benar juga merupakan skil dasar yang wajib dimiliki oleh smua orang Islam. Jika kita masih terbata-bata atau salah dalam membaca Qur’an, maka shalat kita pun menjadi tidak sempurna.

Padahal shalat adalah ibadah pertama yang akan dihisab di akhirat.

3. Tahfidz

Tahfidz atau hapalan Qur’an bukan hanya sekedar tren belaka, tapi juga kebutuhan untuk bekal di akhirat.

Bagaimana tidak? Para penghapal Qur’an diberikan kemudahan-kemudahaan untuk masuk Surga. Bahkan, tingginya tempat kita di Surga juga ditentukan oleh seberapa banyak ayat yang kita hapal.

“Surga yang paling tinggi adalah surga terbaik dengan fasilitas terindah dan ternikmat”

Dengan menghapal Qur’an juga akan berpengaruh terhadap kecerdasan dan tingkat fokus manusia. Belum lagi di sisi psikologinya yang pasti akan membuatnya lebih tenang dan tidak emosional.

4. Disiplin

Disiplin itu penting. Semua negara maju pasti memiliki atauran (disipilin) yang baik. Oleh karena itu memlih sekolah yang displinnya baik (jelas) juga sangat diperlukan untuk membentuk karakter anak.

Cobalah tanyakan apa konsekuensi (hukuman) yang diberikan Sekolah kepada siswa yang melanggar berbagai aturan. Misal kabur, merokok, mencontek, pacaran dll.

5. Pakaian (Seragam)

Bukan masalah bagus atau tidaknya, tapi masalah baik atau tidaknya. Lantas seperti apa pakaian yang baik?

Pakaian terbaik adalah pakaian takwa. Kami menafsirkannya sebagai pakaian yang sering digunakan oleh para Nabi dan ulama, pakaian shalat contohnya (koko atau gamis).

Dan yang lebih utama dari itu semua adalah pakaian yang menutup aurat. Tiak perlu bercadar, tapi yang penting jilbab panjang (untuk wanita).

Perhatikan juga ketika mereka berolah raga. Biasanya sekolah yang kurang syar’i membolehkan siswanya untuk menggunakan celana pendek.

6. Shalat Berjamaah

Selain mendapatkan pahala 27 kali lipat, shalat jamaah juga meningkatkan ukhuwah sesama muslim. Bahkan, banyaknya jamaah shalat subuh menjadi salah satu indikator kebangkitan umat Islam.

Jika Anda mendapatkan sekolah yang masjid atau musholanya sepi ketika waktu shalat maka perlu dipertanyakan.

Jika ramai, perhatikan juga jamaahnya, mungkin masjid itu hanya ramai oleh santri atau siswanya dan gurunya hanya satu dua (if you know what I mean).

7. Program Sunah (Renang, Panah dan Beruda)

Renang, panah dan berkuda mulai menjadi tren di zaman now. Bagi sekolah islam, ketiga olah raga tersebut bukan hanya tren, tapi juga kebutuhan.

Kita tentu sadar bahwa kita sedang berada di akhir zaman, bahkan mungkin sebentar lagi ciri-ciri kiamat akan datang. Oleh karena itu sekolah harus mempersiapkan generasi yang kuat iman dan fisiknya.

8. Akhlak Alumni

Alumni itu ibarat buah yang sudah dipanen, alumni mencerminkan apa yang telah ia terima di Sekolah tersebut.

Perhatikanlah penmpilan dan akhlak para alumni! Dengan begitu Anda akan mendapatkan sedikit bayangan akan menjadi seperti apa anak Anda setelah lulus dari sekolah tersebut.

9. Penerimaan Tamu

Tamu itu Raja. Bukan hanya itu, bagi kita (muslim) memperlakukan tamu dengan baik adalah kewajiban.

Namun, tidak sedikit orang yang belum tahu cara menerima tamu yang baik. Baiasanya penerima tamu adalah guru-guru, jika guru-gurunya saja acuh terhadap tamu bagaimana muridnya?

10. Testimoni 

Carilah wali murid yang sudah lama menyekolahkan anaknya di Sekolah yang Anda incar. Kemudian tanyakan kelebihan dan kekurangan dari sekolah tersebut.

Jangan hanya bertanya kepada wali murid yang baru menyekolahkan anaknya disana. Kemungkinann besar mereka belum tahu secara mendalam tentang kekurangan dan kelebihan Sekolah.

Demikian opini pribadi saya tentang sekolah ideal untuk anak muslim. Mungkin akan sangat sulit sekali untuk mendapatkan sekolah yang memenuhi 10 kriteria diatas. Tapi tidak usah khawatir, Anda bisa melengkapi kekurangannya dengan membuat program pendidikan di rumah.

Terakhir..

“Jika suatu sekolah buruk dalam memberikan materi pelajaran, Anda hanya perlu mendatangkan guru les privat ke rumah. Tapi jika sekolah buruk dalam mengajarkan akhlak, maka anak Anda akan cendrung berakhlak buruk. Allahu’alam.”

Punya kriteria lain? Silakan tulis di kolom komentar agar banyak orang tahu.

Terima kasih semoga bermanfaat.

0 Response to "10 Kriteria Sekolah Ideal Untuk Anak Muslim"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel